Selasa, 14 Agustus 2012

Istana Presiden Timor Leste

dipindah dari yohanesss.multiply.com 14 Desember 2006


Kalau anda sempat lihat acara Kick Andy di Metro TV Kamis malam (14 Desember 2006) di situ tamunya Andi F. Noya adalah Presiden Xanana Gusmao dari Timor Leste. Kemudian ditayangkan foto istananya yang sangat jelek. Yah, ternyata memang begitu. Kantor gubernur (peninggalan Indonesia) jauh lebih besar dan megah (lihat foto paling bawah). Sedangkan gedung yang ditempati presiden sangat sederhana.
Memang penampilan depannya sangat jelek bahkan terkesan seperti bangunan yang sudah ditinggalkan (bambar atas adalah bagian pintunya, gambar kedua adalah atap gedung dan tiang bendera). Yang membedakan ialah ada tulisan dan bendera serta penjaga. Itupun penampilannya cuma seperti satpam.



 
Gedung kedua di belakangnya untuk kerja staf.



 
Sedangkan presiden ngantor di gedung yang ketiga. Di pos jaga gedung ini ada beberapa orang satpam, polisi, tentara, tapi penampilannya jauh dari sangar. Mereka dengan ramah menyambut tamu yang datang karena (seperti yang saya dengar dari sopir taksi) Presiden Xanana akan memarahi mereka kalau mereka sampai melarang orang menemui presiden.



 
Sayang sekali ketika hari Senin 11 Desember saya berkunjung ke sana, Presiden Xanana dikabarkan pergi ke luar negeri. Yah, ternyata untuk memenuhi undangan Metro TV.


Tidak ada komentar: